8 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh

DEWICANTIK.COM - Di negara Indonesia ini tidak asing lagi dengan yang namanya buah jeruk bali, hampir di setiap pekarangan rumah penduduk indonesia menanam jeruk ini. Tapi mesksipun demikian peminat untuk mengkonsumsi nya tidak sebanding dengan popularitasnya. Mungkin orang mengira kalau jeruk bali ini berasal dari bali, di mana tempat yang memang sudah terkenal dengan keindahan alamnya sampai ke manca negara. Tapi anggapan ini salah , di kota bali malahan jarang di temukan tanaman buah ini , buah jeruk bali  lebih banyak tumbuh di daerah pulau jawa .


Masyarakat di pulau jawa sendiri sering kali menjadikan jeruk bali ini sebagai bahan sebuah ritual atau acara tertentu , misal ; jeruk bali di jadikan bahan campuran untuk pembuatan rujak pada acara tingkep atau tujuh bulanan orang hamil.  Kurangnya kesadaran masyarakat akan manfaat yang di peroleh dari mengkonsumsi jeruk bali ini membuat kebanyakan orang hanya menjadikan tanaman jeruk bali sebagai tanaman hias di depan rumah saja.



Pada hal banyak sekali manfaat dan kandungan buah jeruk bali yang bisa kita dapatkan , kandungan vitamin C di dalamnya berfungsi untuk mengatasi masalah mulut seperti sariawan ,bisa juga di jadikan bahan untuk mengatasi permasalahan kulit , dan yang lainnya. Bukan hanya vitamin C saja tapi masih banyak lagi kandungan di dalamnya yang bisa kita ketahui  yaitu kalium , pectin, likopen , zat aktiv pembersih darah ,dll.


Dengan kandungan yang dimiliknya maka ada beberapa manfaat jeruk bali yang di peroleh dengan mengkonsumsi .

  1. Mengobati sariawan, Manfaat jeruk bali yang satu ini bukan rahasia lagi , tapi sudah banyak di ketahui masyarakat umum. Kandungan vitamin C dalam jeruk ini mampu memberikan asupan vitamin lebih bagi mereka penderita sariawan.
  2. Sebagai antioksidan, zat antioksidan pada jeruk bali sangat baik sehingga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh, di karenakan bisa mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh dan menimbulkan dampak negativ.
  3. Menyegarkan tubuh, Kandungan mineral yang cukup tinggi  sehingga sangat baik di konsumsi sebagai alternativ penghilang rasa dahaga . Rasa yang di milikinya termasuk cukup unik yaitu asam, manis, dan juga di dukung oleh kandungan air yang melimpah sehingga memberikan sensasi yang menyegarkan bagi tubuh kita.
  4. Membersihkan sel darah merah , Kandungan zat aktiv sangat efektiv untuk membersihkan sel darah merah. Selain itu bisa membantu meningkatkan kadar darah dalam tubuh, mencegah gejala anemia.
  5. Menurunkan kadar kolesterol, Kandungan senyawa pectin pada jeruk bali berfungsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  6. Dapat Mencegah Kangker, Selain antioksidan yang cukup tinggi , jeruk bali juga mempunyai kandungan kalium yang dipercaya bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kangker dalam tubuh.
  7. Mencegah penyakit jantung, Dalam pembahasan di atas tadi sudah di jelaskan bahwa jeruk bali bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tapi kandungan senyawa pectin juga sangat efektiv membantu menjaga kesehatan jantung.
  8. Menjaga daya tahan tubuh,  sistem kekebalan tubuh sangat di perlukan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari serangan segala jenis virus penyakit yang bisa membuat daya tahan tubuh drop.

Itu lah pembahassan kita kali ini semoga bisa memberikan wawasan luas bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh bukan hanya dengan bahan kimia saja tapi kesehatan tubuh bisa kita dapatkan dari bahan alami yang ada di sekitar kita.