Puasa Sering Mengantuk ???Mau Tahu Cara Mengatasinya,

DEWICANTIK- Puasa Sering Mengantuk ???Mau Tahu Cara Mengatasinya, Pola tidur pada saat berpuasa jauh berbeda dengan hari-hari biasanya di karenakan harus bangun dini hari. Tapi semua itu bisa di siasati dengan mengurangi waktu yang bisanya di gunkan untuk begadang, sehingga tubuh bisa menyesuaikan pola tidur selama berpuasa.


Sebenarnya penyebab ngantuk pada saat berpuasa yang teramat sangat ini di sebabkan oleh menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak susah untuk berkonsentrasi.  Otak mendapatkan energi dalam bentuk glukosa sehingga jika aliran glukosa yang di berikan ke otak berkurang maka akan mempengaruhi kinerja otak secara maksimal.


Setelah asupan energi yang di dapatkan dari makanan semakin menipis, maka hati akan mengeluarkan cadangan glikogen yang di simpan untuk membantu memberikan energi ke tubuh sehingga otak dan sistem saraf lainnya bisa berfungsi dengan benar.


Dan jika cadangan energi dalam tubuh tidak terpenuhi maka tubuh pun akan merasa lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah, sehingga bisa menyebabkan seseorang tersebut menjadi ngantuk.  Dan biasanya hal ini terjadi pada siang hari dimana pada waktu siang hari  bagi orang yang berpuasa  energi dalam tubuh sudah mulai berkurang .


Untuk itu DEWICANTIK  akan berbagi tips sehat untuk membantu menetralisir rasa ngantuk di siang hari bagi kalian yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan .

Berikut ini yang bisa kalian lakukan saat sahur untuk mengurangi rasa ngantuk di siang hari saat puasa sedang berlangsung dan bisa selalu dalam keadaan vit.


  1. Penuhi kebutuhan akan zat besi, sumber zat besi bisa di peroleh dari mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan juga daun katuk.
  2. Menjaga keseimbangan gizi, pastikan untuk selalu megkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk memacu efektivitas  penyerapan zat besi oleh tubuh, dan contoh beberapa buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, pepaya, mangga, dan masih banyak lainnya yang bisa kita temukan di sekitar kita.
  3. Perbanyak minum air putih, usahakan minum sedikitnya 8 gelas air putih dalam jeda waktu saat sahur dan berbuka puasa sehingga bisa membantu tubuh agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan selama menjalankan ibadah puasa.
  4. Konsumsi karbohidrat komplek saat sahur, beberapa makanan seperti yang kalian ketahui karbohidrat bisa kita dapatkan dari nasi merah atau putih, roti gandum, jagung, singkong dll. Makanan ini mempunyai kadar karbohidrat yang lebih lambat di pecah sehingga sangat membantu metabolisme tubuh dan bisa menyimpan energi lebih lama. Dan ibadah puasapun bisa lancar dan tubuhpun selalu segar.


Bagaimana ??? artikel di atas pastinya sudah membantu kalian untuk selalu lebih sehat, vit, dan tidak mudah mengantuk saat berpuasa bukan , jadi sudah gak ada alasan buat tidak melakukan aktivitas meskipun puasa. Salam cantik itu sehat.